Studio Lighting II (cross lighting photography)


Cross lighting photography, adalah salah satu teknik pencahayaan dimana biasanya menggunakan dua buah lampu yang diletakan secara menyilang. Penggunan cross lighting sangat sering digunakan, karena cross lighting tersebut dapat menghasilkan efek dimensi yang dihasilkan cukup bagus.

Pada halaman ini saya hanya menampilkan hasil setup lampu studio yang pernah saya lakukan (cross lighting), dan penambahan asesoris untuk model pada pemotretan agar lebih kaya variasi pose dan tyle, serta beberapa istilah - istilah photography yang terkadang terlewatkan untuk diperhatikan dalam pemotretan. Dan semua ini dilakukan dengan setup lampu yang sama (cross lighting) dengan harapan bisa menginspirasi kita semua.


*Setup Studio Lighting (cross lighting)

#Foto 1

Setup cross lighting diatas (Foto 1) adalah menggunkan 2 buah jenis studio lighting yang berbeda. Yaitu menggunakan softbox dan standart reflector. Disini power pada kedua lampu diseting sama yaitu 1/2 power. Penggunaan softbox dan standart reflector dapat diatur dengan power yang sama. Dengan alasan karakter lampu standart reflector jauh lebih kerasa dari softbox. Akan tetapi peletakan posisi softbox lebih dekat dengan model agar cahaya halus lebih menyebar rata pada model dan cahaya lampu yang leras dari belakang model dapat membentuk dimensi/pembatas antara model dengan background.


*Moving Photography

#Foto 2

Pada setup lampu studio di atas (Foto 2) sama pada setup nomer 1. Namun disini yang lebih ditekankan adalah pose model. Model di arahkan untuk melakukan gerakan-gerakan tarian yang dengan beberapa kali jepret kita dapat mendapatkan momen yang bagus. Kekuranganya adalah foto yang dihasilkan agak sedikit goyang sehingga terkadang fokus yang didapat kurang bagus.
#Foto 3


#Accessories photography
#Foto 4

#Foto 5

Asesoris disini bukanlah perlengkapan lampu studio, akan tetapi penambahan asesoris untuk model agar pose lebih menarik dan kaya variasi. Pada pemotretan kali ini di tambahkan kipas bulu untuk asesoris model. Kipas bulu ini sangat bagus di padukan dengan baju putih model yang lebih terlihat kalem dan lembut.


Dibawah ini adalah beberapa istilah fotografi yang dapat lebih diperhatikan pada pemotretan dengan setup lampu cross lighting.


*Rembrandt lighting
Adalah teknik pencahayaan yang sering digunakan dalam studio portrait photography. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan satu lampu dan reflektor, atau dua lampu, dan sangat populer karena mampu menghasilkan gambar yang natural dan menarik hanya dengan menggunakan alat yang cukup minim.
#Foto 6

Pencahayaan Rembrandt ditandai dengan adanya bentuk segi tiga menyala dibawah mata model pada bagian wajah model yang kurang pencahayaan. Kata Rembrandt diambil dari nama seorang pelukis asal Belanda.

*BacklightingAdalah pencahayaan yang sangat kuat pada bagian belakang model namun posisinya tidak tepat dibelakang model akantetapi masih membentik sudut sehingga model masih terlihat jelas. Jika pencahayaan tepat berada dibelakang model dan tidak membentuk sudut dan model tidak tersinari sama selali dari sisi depan maka di sebut siluet.
#Foto 7

Pada foto 7 diatas, backlight dihasilkan oleh lampu dengan reflektor agar bentuk backlight bundar dan kuat. Posisi lampu foto 7 sama dengan posisi lampu foto 1, akan tetapi posisi pengambilan gambar agak bergeser kekanan sedikit dengan lebih memperhatikan agar lampu dengan reflektor dibelakang model tetap terlihat sehingga terbentuklah backlight.


*Flare
Adalah cahaya tersebar dalam sistem lensa melalui mekanisme pembentukan gambar. Pada umumnya kehadiran flare tidak dinginkan dalam pengambilan foto. Akan tetapi jika peletakan flare sangat tepat, maka hasil foto yang dihasilkan terlihat lebih dramatis.
#Foto 8

Pada foto 8 diatas, yang dinamakan flare adalah cahaya yang berbentuk bulat berwarna kuning.

*Catch lighting
Adalah istilah fotografi yang digunakan untuk menggambarkan baik cahaya yang menyorot dari mata akibat pantuan yang di pantulkan lensa mata atau sumber cahaya itu sendiri. Catch lighting disebut juga lampu mata atau Obies.
#Foto 9

Yang disebut catch lighting ada pantulan cahaya putih yang berbentuk kotak pada foto di bawah ini, di mana cahaya kotak tersebut adalah pantulan dari softbox.
#Foto catch lighting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar