Available Light Photography

Available Light,
Available light adalah menghasilkan foto dengan pencahayaan yang sesuai dengan pandangan mata melihat (natural lighting). Untuk menghasilkan foto model dengan cahaya yang natural, lebih baiknya diambil pada saat pagi hari. Dimana, suasana atmosfir pencahayaan yang sangat halus dan dingin menambah cantik tampilan model saat di foto. Selain itu arah cahaya matahari pagi sangat bagus dengan karakter cahaya yang dapat dihasilkan adalah butterfly lighting dan rembrant lighting yang sangat bagus. Pemotretan dengan menggunakan available light adalah pemotretan yang sangat sederhana, kita cukup memperhatikan cahaya yang tersedia dan memposisikan model dengan baik sehingga tampilan model terlihat cantik. Terlepas dari pencahayaan dan model, kita juga harus memperhatikan komposisi pengambilan gambar yang bagus.


Camera : Canon EOS 400D
Lensa : Canon EF 50mm f 1.8
Exposure Time : 1/800
F number : 2.8
ISO : 100
Time created : 7.38 am
Location : Kebun Bibit Wonorejo
Model & MUA : Maya Puspa

Pada foto diatas, mungkin yang lebih mencolok adalah komposisi model dalam frame. Dimana, mengunakan komposisi rule of third yaitu meletakkan obyek utama pada 1/3 bagian dari frame. Namun peletakan model kali ini sedikit miring agar mendapat kesan yang berbeda dan supaya texture pohon sebagai background dari obyek dapat tertangkap dalam frame. Selain itu agar tidak terdapat ruang kosong yang tak berguna serta foto yang dihasilkan tidak terlalu ketat.


Bokeh,
Dalam fotografi, bokeh berarti kabur (blur) atau bagian yang terlihat blur pada bagian yang tidah fokus (out-of-focus) yang merupakan efek gambar yang dihasilkan akibat lensa kamera. Dalam halaman ini bukan membahas bokeh labih detail, melainkan peranan bokeh dalam pengambian foto dengan available light.nPada pemotretan menggunakan available light, bokeh adalah salah satu yang sering di tampilkan oleh banyak fotografer pada setiap pemotretan model. Karena, kesan cantik dan natural dari model jauh terlihat dan juga model akan terlihat lebih menonjol dari background.



Model & MUA : Maya Puspa