Lamps Look Like Stars

Gambar 1. Photo PLTU Tanjung Jati B - Jepara

Pada halaman ini saya akan mencoba untuk melakukan analisa foto landscape yang pengambilan gambar dilakukan pada malam hari. Lampu adalah salah satu pemandangan yang menarik untuk diabadikan pada malah hari, akan tetapi terkadang lampu yang terlihat pada kamera hanya tampak seperti bola yang mengeluarkan cahaya.

Apakah kita dapat membuat cahaya lampu ini tampak bersinar seperti bintang?

Jawabannya Pasti Bisa.....
Lampu yang berbentuk bola dapat berubah menjadi seperti bintang dapat dilakukan dengan menggunakan filter Bintang pada lensa. Namun kembali kepada kita, apakah kita mau mengeluarkan dana untuk membeli filter.

Seandainya tanpa menggunakan filter, apakah bisa membuat tampilan bintang tersebut?

Jawabannya Pasti Bisa.....
Mari kita sama - sama memahami konsep dasar sebuah kamera untuk menghasilkan sebuah karya fotografi yang menarik. Parameter yang berhubungan adalah masalah aperture dan lens blades.

Gambar 2. Perubahan besaran aperture
Kita perhatikan Gambar 2. Perbedaan antara kedua gambar adalah pada aperture dan shutter speed. Sejatinya adalah perubahan aperture saja, namun untuk mempertahankan besaran exposure supaya tidak over exposure atau under exposure. Maka otomatis besaran shutter speed lebih lama jika menggunakan aperture yang lebih kecil begitu juga sebaliknya. Kita dapat melihat bahwa penggunaan aperture f/22 menghasilkan bentuk cahaya lampu yang bersinar seperti bintang. Sangat jauh berbeda dengan yang mengunakan f/3.5, bentuk cahaya lampu yang dihasilkan berbentuk  bulat. Pembentukan bintang ini adalah dikarenakan bukaan lensa (aperture) yang sangat kecil sehingga blade dari lensa dapat dilewati sinar. Pada Gambar 2 terlihat bahwa jumlah kaki bintang adalah 6. Jumlah ini merupakan banyaknya blade pada lensa kamera. Semakin banyak jumlah kaki bintang, semakin banyak pula jumlah blade. Semakin banyak jumlah blade maka semakin bagus kualitas lensa tersebut karena lensa tersebut dapat membuka besar ( besaran aperture bisa terbuka lebar f/2.8; f/1.8 dll).