Side lighting

Side lighting atau cahaya samping adalah cahaya yang datang dari sisi kanan atau kiri dari subyek / obyek. Cahaya dari samping ini bukan berarti cahaya tersebut benar - benar berada pada sudut 90 derajat diukur dari garis vertikal, akan tetapi  bisa saja cahaya itu berada pada sudut 45 derajat dari samping dan bahkan lebih asal tidak berada tepat pada garis vertikal . Intinya, cahaya yang jatuh pada subyek / obyek adalah terlihat dari samping, bukan dari atas yang nantinya hanya bagian rambut saja yang tersinari cahaya atau dari bawah yang nantinya dapat menimbulkan kesan horror. Cahaya dari atas tersebut lebih sering disebut dengan istilah top lighting sedangkan yang dari bawah disebut bottom lighting.
Pada halaman ini saya akan membahas bagaimana penggunaan side lighting untuk pemotretan model sehingga model terlihat lebih berkarakter. Model kali ini adalah duty yang memiliki karakter tegas namun sexy dengan kulit coklat dan potongan rambut yang sangat pendek.


Side lighting untuk Karakter Lembut dan Sensual

 Gambar 1.Mata dan bibir
Mari kita perhatikan pada gambar 1 disebelah ini. Kesan yang didapat adalah sebuah tatapan mata yang tajam dan berkesan misterius dengan sebuah tangan yang menutupi hidung dan bibir sensual yang masih dapat dinikmati walaupin sedikit samar. Posisi tangan seperti pose pada gambar 1 bertujuan agar kesan misterius lebih berasa pada model, sehingga pandangan kita mula –mula menuju pada sebuah mata dan bibir yang samar - samar namun sensual. Asesoris kalung berlian berwarna hitam dapat mengimbangi komposisi warna kulit model yang berwarna coklat dengan backwall yang berwarna merah, dan juga agar tidak berkesan kosong pada bagian bahu dari model yang nantinya kalung tersebut juga akan menggiring pandangan kita kemata dan bibir model.


====================================================================
 Gambar 1.2 Side lightingsetup untuk mendapatkan kesan lembut
Keterangan :
  1. Detail rambut nampak akbiat sinar dari standart reflaktor.
  2. Catch light  dari softbox sisi kanan model.
  3. Detail bahu model akibat pantulan sinar dari backwall.
Lighting setup foto diatas adalah menggunakan 2 buah lampu, yaitu sebuah standart reflector dengan softbox dan sebuah standart reflector saja tanpa softbox atau perlengkapan studio lighting yang lain.
Lighting setup pertama, adalah menggunakan sebuah standart reflector dengan softbox yang diposisikan 45 derajat dari bidang vertikal dan diletakkan pada sebelah kiri model.Setup seperti tersebut dikatakan side lighting karena cahaya yang mengenai model berasal dari samping, walaupun sudut peletakannya adalah 45 derajat dari bidang vertikal.Peletakan lighting pada sudut 45 derajat ini dapat menghasilkan catch light yang jauh lebih bagus di banding dengan meletakkan posisi lampu pada sudut 90 derajat dari garis vertical.
Lighting setup yang kedua, adalah sebuah standart reflector yang diarahkan ke backwall berwarna merah. Penggunaan lampu kearah backwall ini agar backwall tersinari, sehingga dinding dan model terpisah.  Selain itu penyinaran pada dinding merah tersebut agar warna merah dinding dapat terekam kamera.dan juga pantulan cahaya pada backwalldapat menghasilkan detail garis bahu yang bagus pada  model.

Side lighting untuk Karakter Keras dan Tegas
Gambar 2.Aku dan Gitar Putih
Biasanya, peletakan lampu untuk side lighting adalah hanya menggunakan salah satu sisi saja. Sisi kanan saja, atau sisi kiri saja dari model saja.

Namun bagaimana jika kita meletakkan lighting pada sisi kanan dan sisi kiri?

Peletakan lighting pada sisi samping kiri dan kanan model akan menghasilkan karakter foto yang jauh berbeda. Perbedaan disini adalah karakter dari model akan berkesan lebih tegas dan lebih berani. Posisi lighting pada sisi kanan dan kiri ini biasanya dilakukan dalam pemotretan model laki-laki untuk iklan sport, parfum laki-laki, dan lain sebagainya.

Namun, bagaimana jika model yang kita foto adalah seorang perempuan?Apakah pantas dan sesuai?

Mari kita perhatikan gambar 2 diatas. Posisi lampu pada sisi kanan dan sisi kiri, akan menghasilkan kesan karakter yang tegas dengan tatapan model yang tajam namun masih tetap terlihat sexy dengan lekukan – lekukan garis yang terbentuk pada setiap body model.Bentuk body gitar putih yang digunakan sebagai asesoris juga sangat mendukung kesan sexy pada foto tersebut, karena lekukan – lekukan gitar tersebut dapat terekam kamera dengan bagus akibat efek pencahayaan pada seting side right and left lighting. Warna putih gitar dapat mengimbangi komposisi warna – warna gelap di sekitarnya, seperti warna baju yang hitam, dan juga dinding yang berwarna hitam dan merah.

Gambar 2.1Side right and left lightingsetup untuk mendapatkan kesan tegas
Keterangan :
  1. Bagian yang gelap akibat kondisi payung tidak terbuka penuh
  2. Tepi dari gitar terlihat jelas.
  3. Detail tekstur backwall terlihat keras.
Seting studio lightingpada foto diatas adalah menggunakan 2 buah lampu, yaitu standart reflector dengan payungperak dengan posisi payung yang tidak terbuka penuh.
Payung dikondisikan agar tidak terbuka penuh dengan tujuan agar cahaya yang dihasilkan tidak menyebar kemana - mana yang nantinya hanya menghasilkan foto dengan pencahayaan datar. Peletakan payung adalah pada sudut 45 derajat dari garis vertikal, sehingga cahaya yang jatuh dimodel akan terlihat terang pada bagian kepala dan berangsur – angsur gelap pada bagian kaki.
Kondisi lighting seperti setup diatas, juga agar mendapatkan tepian dari body gitar yang menambah kesan sexy pada model. Akan tetapi gitar terlihat gelap, sehingga pose yang seperti diatas tidak bagus untuk pemotretan iklan gitar.
Lekukan tubuh, lekukan tepian gitar adalah hal – hal yang ingin didapat pada setingstudio lighting seperti ini.Posisi model diarahkan menempel dengan backwall, dengan alasan agar detail tekstur dan warna backwall dapat terekam dengan indah pada kamera. Jika model jauh dari backwall, maka dinding hitam-merah tersebut akan terlihat gelap dan dapat mengurangi keindahan dari hasil foto.

Side lighting untuk Membentuk Perut Sexy
Terkadang istilah foto selalu menipu itu benar.Akan tetapi menipu yang bagaimana yang dimaksut?Apakah menipu dalam artian olah digital (menggabungkan beberapa foto menjadi sebuah foto yang utuh) ?
Sebenarnya konteks foto itu tidak menipu, akan tetapi bagaimana kita membuat foto yang biasa menjadi luar biasa dengan beberapa trik dan konsep fotografi yang original bukan sekedar edit dengan photoshop. Pengaruh pencahayaan pada foto juga dapat menimbulkan kesan yang berbeda–beda dan bisa dibilang menipu.  Pencahayaan tertentu bias menampilkan model berbusana lengkap terlihat tanpa busana, pencahayaan tertentu juga bias membuat model hitam terlihat lebih putih dan bersih.
  Gambar 3. Perutku sexy
Mari kita perhatikan gambar 3 diatas. Posisi lampu pada sisi kanan dan sisi kiri, akan menghasilkan karakter yang tegas dengan tatapan model yang tajam namun masih tetap terlihat sexy dengan lekukan – lekukan garis yang terbentuk pada setiap tepi body model, ditambah pose yang membikin penasaran khususnya bagi kaum adam. Kesan sexy adalah yang ingin disampaikan sang model, pose yang membikin penasaran dengan membuka sebagian baju minimnya sehingga perut dapat terlihat jelas ditambah resleting celana pendeknya yang dibuka sedikit membikin lebih penasaran.Warna kulit model, backwall hitam dan merah, serta baju hitam dan celana blue jean serasa semimbang dengan karakter cahaya yang dihasilkan dan kesan yang ingin disampaikan.

Gambar 3.1Side right and left lightingsetup untuk membentuk perut sexy
Keterangan :
  1.  Bayangan ditengah perut, menjadikan perut terkesan sexy.
  2. Bayangan ditengah hidung, menambah kesan mancung.
Seting studio lighting pada foto diatas adalah menggunakan 2 buah lampu, yaitu standart reflector dengan payung perak dengan posisi payung yang tidak terbuka penuh dan diposisikan pada sudut 45 derajat dari bidang vertikal.

Penataan lighting seperti diatas, akan menghasilkan bayangan ditengah model pada kondisi lighting power, dan jarak  lighting dengan model dari sisi kanan maupun sisi kiri sama.Bayangan ditengah akibat seting lampu tersebut, justru menambahkan kesan perut menjadi lebih sexy ditambah dengan bentuk pusar lebih terlihat.Sehingga foto yang dihasilkan sangat menarik dan dramatis.

Pada bagian hidung model, juga terbentuk bayangan ditengah – tengahnya.Hal ini menimbulkan kesan hidung terlihat sedikit lebih mancung dari aslinya. Penggunaan lighting power dan jarak lighting dari model yang sama persis adalah pokok utama untuk menghasilkan bayangan yang bagus dan tepat ditengah model, disamping juga pose dan penataan model yang tepat pula yang dapat mendukug hasil foto yang luar biasa.

semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua..... salam
 Awan Logika